Keren, Deteksi Darah Berbasis PC

131
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
BANDARLAMPUNG – Kreasi Anang Ma’ruf, mahasiswa jurusan Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, patut diacungi jempol. Ia menciptakan alat pendeteksi golongan darah berbasis personal computer (PC). Dengan memanfaatkan alat tersebut, proses pemeriksaan golongan darah dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Hanya butuh 9 detik untuk mendeteksi golongan darah dan hasilnya bisa langsung di-print atau disimpan di-database.
    Anang menjelaskan, selain PC dan printer, beberapa perangkat yang digunakan adalah mikrokontroler AT89C51, Reagen, sensor LDR, Solenid, Motor Servo, dan Trafo 12 V.
    Perancangan pada sistem ini terdiri atas dua tahapan. Yakni proses dan hasil. Tahapan proses digunakan untuk mengambil hasil input-an dari keadaan darah. Sedangkan hasil menampilkan pembacaan keadaan darah yang dapat di-print sebagai hasiloutput akhir.
    ’’Untuk prosesnya, pertama letakkan darah yang dideteksi pada wadah lalu hidupkan alat pendeteksi golongan darah, lalu tekan tombol push button, kemudian tekan scan,’’ paparnya.
    Pada tahap inilah alat bekerja. ’’Motor Servo akan mengaduk darah dan Reagen hingga tercampur, kemudian sensor LDR akan membaca reaksi darah apakah menggumpal atau tidak,’’ terusnya.
    Hasil pembacaan sensor LDR disamakan data yang tersimpan di-database pada mikrokontroler AT89C51 untuk menentukan golongan darah. ’’Kemudian hasilnya dikirim ke aplikasi yang terdapat pada PC,’’ terus kelahiran Lampung Timur ini.
    Selama proses menciptakan alat pendeteksi golongan darah, Anang didampingi dosen pembimbing Abdi Darmawan. Dia berharap alat dan penelitiannya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya institusi kesehatan.
    Terpisah, Rektor IBI Darmajaya Andi Desfiandi mengatakan, dalam hal penelitian, mahasiswa IBI Darmajaya memang dituntut kreatif. ’’Selain mengembangkan keilmuan, penelitian diharapkan menciptakan penemuan baru yang nantinya bisa dimanfaatkan bagi masyarakat. Kami berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dan dosen dalam melakukan penelitian,’’ kata Andi. (cw2/p3/c3/ade)
SUMBER:http://www.radarlampung.co.id/read/pendidikan/70288-keren-deteksi-darah-berbasis-pc

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keren, Deteksi Darah Berbasis PC"

Posting Komentar