VGA AMD Dan NVidia Terbaik 2018

Game-game PC modern menyajikan tampilan yang sangat bagus. Berbagai efek grafis dan gameplay seru ditampilkan demi menghadirkan pengalaman bermain game yang menyenangkan. Untuk dapat bermain game dengan tampilan yang nyaman, sangat diperlukan VGA Card atau kartu grafis berkinerja optimal. 
Mengapa membutuhkan VGA Card berkinerja optimal ? Sebab komponen dalam sebuah game sangat kompleks. Jika semua komponen game hanya diproses oleh CPU saja, tentu akan sangat membebani processor. Alhasil, game menjadi tidak nyaman saat dimainkan. Beban proses yang berlebih pada processor tentu akan berdampak buruk pada ketahanan processor itu sendiri.
Kartu grafis dibutuhkan untuk dapat memproses komponen game khususnya fitur grafis. Dengan begitu, game menjadi lebih nyaman untuk dimainkan tanpa harus membebani processor. Selain itu, tampilan game juga menjadi lebih bagus berkat dukungan akselerasi dari GPU (Graphic Processing Unit). Dalam dunia game PC, resolusi tampilannya sangat dipengaruhi oleh kinerja GPU.

AMD vs NVidia

Bicara mengenai GPU pada kartu grafis komputer, saat ini sangat didominasi oleh 2 perusahaan besar yaitu Nvidia dan AMD. Nvidia terkenal dengan seri produknya dengan merk Geforce. AMD yang terkenal dengan produk processornya, juga mengeluarkan seri produk GPU dengan merk Radeon. Melalui 2 merk tersebut, Nvidia dan AMD terus berupaya menghadirkan GPU untuk kartu grafis dengan teknologi paling modern.




Urutan GPU VGA AMD dan NVidia Terbaik 2018
MSI GTX 1060. Credit : flickr.com

Selain Nvidia dan AMD, sebetulnya Intel juga turut memproduksi GPU. Bedanya, jika Nvidia dan AMD mengeluarkan GPU untuk dipasang dalam kartu grafis, Intel justru mengeluarkan GPU untuk diintegrasikan pada chipset ataupun processor. Jadi, setiap processor Intel pasti telah dilengkapi dengan GPU terintegrasi dengan merk Intel HD. Oleh karena itu, pengguna processor Intel tidak perlu membeli perangkat grafis terpisah.
Berikut ini, Tekno Jempol akan menyajikan daftar urutan GPU VGA Card AMD dan Nvidia terbaik tahun 2018 untuk PC desktop. Daftar tersebut disusun secara hierarki dengan bentuk perbandingan berdasarkan rata-rata kinerja efektif atau potensi kinerja khususnya untuk kinerja gaming. Selain itu, daftar berikut juga dibagi per level atau ranking. Ranking tertinggi menunjukkan kinerja tertinggi dari VGA Card AMD dan NVidia. GPU pada VGA Card yang memiliki ranking yang sama memiliki potensi kinerja yang setara atau mirip.

Urutan VGA Card ini disusun berdasarkan hasil pengujian kinerja dari berbagai situs reviewer hardware di Internet. Daftar urutan GPU VGA Card berikut mungkin berbeda dengan kinerja operasional yang anda dapatkan pada aplikasi sebenarnya. Ini disebabkan adanya perbedaan spesifikasi teknis atau program aplikasi yang digunakan. Namun, setidaknya daftar VGA Card AMD dan Nvidia ini dapat menjadi gambaran sederhana dan perbandingan kinerja rata-ratanya.

Daftar GPU VGA Card AMD dan Nvidia Terbaik 2018

Dalam artikel ini, hanya memasukkan daftar GPU VGA Card AMD dan Nvidia untuk kalangan konsumer yang diproduksi dengan teknologi manufaktur 14/16nm. Teknologi tersebut tergolong baru dan mulai banyak digunakan untuk produksi perangkat grafis secara massal. Untuk kartu grafis Nvidia dan AMD generasi lama, sudah pasti tidak lagi diproduksi dan hanya ada produk second (bekas) di pasaran. 

Kelas High-end/Enthusiast

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
1Titan Xp
2Titan X Pascal
3GTX 1080 Ti
4GTX 1080
5
RX Vega 64 Liquid Cooled, Vega 64
6GTX 1070 TiRX Vega Frontier Edition
7RX Vega 56
8GTX 1070
GPU kartu grafis tersebut memiliki spesifikasi paling lengkap. Fitur dan teknologi yang digunakan juga paling canggih. Contohnya Geforce GTX 1080 atau Titan yang menyertakan teknologi GDDR5X sehingga dapat menghasilkan bandwidth memori hingga ratusan gigabyte per detik.

Kartu grafis dengan GPU Nvidia Geforce dikenal memiliki kemampuan komputasi grafis paling bagus. Dengan kemampuan tersebut, umumnya kartu grafis tersebut digunakan untuk kebutuhan pekerjaan profesional seperti desain grafis dan editing multimedia. Harga kartu grafis dengan GPU ini tidak murah, namun sepadan dengan kinerja yang ditawarkan.

Kelas Mid-end

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
9GTX 1060 6GB, 1060 3GBRX 580, 480
10
RX 570, 470
Berikutnya, meski fitur dan teknologi yang digunakan tidak secanggih level enthusiast, VGA Card dalam daftar ini sangat bagus untuk menjalankan game-game PC modern. Bahkan masih mampu menghasilkan tampilan dengan resolusi 4K dan mendukung teknologi VR (Virtual Reality). Untuk VGA Card pada daftar kali ini dapat ditebus dengan harga yang tidak terlalu mahal.




Urutan GPU VGA AMD dan NVidia Terbaik 2018
Radeon RX 580. Credit : flickr.com
Bagi anda yang suka berburu uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum, kartu grafis level ini mungkin bisa jadi solusi yang tepat. Khususnya kartu grafis dengan GPU AMD Radeon, memiliki kemampuan kriptografi paling optimal sehingga mampu mancapai nilai hashtertinggi. Anda yang punya kartu grafis ini, silahkan mulai lakukan "mining" Bitcoin atau Ethereum.

Kelas Low-end

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
11GTX 1050 Ti
12GTX 1050RX 560, 460
13
RX 550
Sudah jelas jika spesifikasi, fitur, dan teknologi yang digunakan oleh kartu grafis kelas low-end tidak secanggih level di atasnya. Meski begitu, VGA Card level low-end masih dapat menghasilkan kinerja yang optimal khususnya untuk menjalankan game-game PC modern. Dengan harga yang cukup terjangkau, VGA Card pada daftar ini bisa menjadi pilihan untuk komputer dengan berbagai kebutuhan.

Kelas Entry-level

RankingNvidia GeforceAMD RadeonIntel
14GT 1030
Iris Pro HD 6200
15

HD 630, 530, 610
Dengan termasuk pada level "entry level", dapat dibayangkan spesifikasi dari VGA Card pada daftar ini. Kartu grafis ini mungkin lebih cocok untuk kebutuhan multimedia ringan seperti menonton film, meng-edit gambar/foto ringan, dan live streaming. Kalaupun untuk bermain game, resolusi yang dihasilkan cukup rendah sehingga mungkin tidak terlalu nyaman untuk dimainkan.
Daftar di atas tidak memasukkan semua VGA Card Nvidia dan AMD. Jika ada VGA Card atau GPU yang tidak termasuk dalam daftar tersebut, anda dapat menambahkan pada kotak komentar di bawah. Semoga bermanfaat...

Sumber : https://teknojempol.blogspot.co.id/2018/01/urutan-gpu-vga-amd-nvidia-terbaik-18.html

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "VGA AMD Dan NVidia Terbaik 2018"

Posting Komentar